Semoga

Semoga
Semoga

Tuesday, October 22, 2019

Proses Fermentasi Gedebog Pisang

Persiapkan alat, alat yang dibutuhkan dalam pembuatan pakan ayam alternatif ini cukup sederhana yakni yang terpenting adalah pisau untuk memotong batang pohong pisang tersebut dan tentunya bak fermentasi. ( Baca juga : cara membuat pakan kambing)
1.Persiapkan bahan, selain batang pohon pisang, ada beberapa bahan lainnya yang perlu dipersiapkan yakni bahan fermentasi yang bisa di dapat di toko pertanian contohnya larutan SOC, bahan tambahan lain seperti dedek padi, ampas tahu, mineral unggas, dan gula pasir.
2. Buat larutan fermentasi, langkah pertama setelah semua bahan dan alat dipersiapkan adalah membuat larutan untuk fermentasi yang diperoleh dari mencampurkan SOC dan gula pasir ynag kemudian didiamkan selama 20 – 30 menit. ( Baca juga : cara membaut pakan ternak ayam organik)
3.Potong bahan, selagi menunggu larutan fermentasi dapat digunakan maka bahan yang ada dapat dipotong terlebih dahulu menjadi lebih kecil terutama gedebog pisangnya. Untuk mengurangi kadar airnya maka gedebog sebaiknya dijemur.
4. Campur bahan, Setelah semua bahan siapa maka campurkan dalam wadah fermentasi antara gedebog pisang, mineral unggas, ampas tahu, dan dedek padi hingga merata. ( Baca juga : ternak domba dengan pakan fermentasi)
5. Proses fermentasi, setelah semua bahan dicampurkan hingga merata maka langkah terakhir adalah memasukan larutan fermentasi dan menutup wadah hingga kurang lebih 24 jam.
6. Setelah proses fermentasi dilakukan selama kurang lebih satu hari penuh tersebut maka pakan gedebog pisang bagi ayam sudah dapat digunakan.
7. Penggunaan pakan gedebog pisang akan membantu menekan biasa produksi ternak ayam namu tetap memberikan nutrisi dan gizi yang cukup bagi ayam.

No comments:

Post a Comment

Umpan di komputer dan di dunia maya