Semoga

Semoga
Semoga

Tuesday, October 22, 2019

Membuat TEPUNG KANGKUNG

Pilihlah kangkung yang masih segar dan hijau. Bila ada sebagian daun yang sudah menguning atau membusuk kita buang saja, sehingga yang kita pakai hanya daun dan batang kangkung yang bagus saja. Kemudian kangkung yang telah kita sortir itu kita cuci dengan bersih dan kita tiriskan sebentar.

     Ambil pisau dapur dan talenan! Lalu kita iris batang dan daun kangkung tersebut dengan ukuran sekitar 1 cm. 

     Selanjutnya, setelah semua kangkung selesai kita iris, tinggal kita jemur di bawah terik matahari sampai mengering atau bisa juga kita masukan ke dalam open supaya kadar airnya hilang. Kangkung yang telah mengering apabila kita pegang akan terasa  renyah dan rapuh. Langkah selanjutnya tinggal kita haluskan agar menjadi tepung. 
     Proses penghalusannya bisa dengan cara ditumbuk atau digiling memakai blender. Saya sendiri memakai cara tradisional dengan menumbuknya menggunakan alat penumbuk padi yang kebetulan tersedia di rumah. Apabila irisan kangkungnya betul-betul kering, maka proses penghalusan akan sangat mudah dan cepat. Oleh karena itu harus betul-betul diperhatikan ketika kita melakukan penjemuranya. Harus kita pastikan sudah benar-benar kering, apabila belum kering maka harus dijemur lagi sampai kering. 
     Hasil tumbukan yang sudah halus, selanjutnya kita ayak dengan memakai saringan agar terpisah mana tepung yang sudah halus dan mana yang masih agak kasar. Kangkung yang masih kasar bisa kita tumbuk lagi dan kemudian kita ayak lagi. Begitu seterusnya hingga semuanya habis dan berubah menjadi tepung yang benar-benar halus.

No comments:

Post a Comment

Umpan di komputer dan di dunia maya