Semoga

Semoga
Semoga

Tuesday, October 22, 2019

Pakan Alternatif

Ieu oge conto Pakan Alternatif :::
Bahan :
Jagung giling
Tepung ikan
Kacang tanah
Bekatul
Sorgum
Singkong
Dedak padi
Ampas tahu
Ampas kelapa
Ampas kedelai
Limbah pertanian dan rumah tangga

Langkah-langkah :
 Petama lakukan penjemuran bahan – bahan yang ingin di giling dan juga di campurkan selama 1-2 minggu hingga kering.
_Kemudian lakukan pengabungan bahan yang akan di pilh diatas, dengan cara mengaduknya hingga merata. Jika ingin merata dan tergabung dengan baik sebaiknya menggunakan mesin penghalus dengan baik.
 _Setelah tercampur dengan baik, lakukan penjemuran dengan maksimal sekitar 1-2 hari untuk menghasil tingkat kekeringan yang tinggi.
_ Pada saat penjemuran ini membutuhkan terpal dengan mengelarnya terik matahari bertujuan untuk menjemur bahan agar cepat kering dengan maksimal
_Jika sudah kering lakukan penuangan di ember plastik hingga tergabung kembali dan juga lakukan pemberian suplemen tambahan untuk mempercepat pertumbuhan ayam petelur dan meningkatkan produktivitas telur.
 _Lakukan pemisahan di wadah yang sudah di tentukan dan juga lakukan pemberian pakan dengan baik
Dalam pemberian pakan ini sebaiknya memberikan air sekupunya dan lakukan pengadukan sebelum pemberian pakan tersebut.
_Pemberian pakan alternatif ini bisa dibilang lumayan karena selain bisa meningkatkan produktifitas telur juga bisa menekan biaya pakan hingga 50 %, namun ada kendala dari pakan alternatif ini yaitu soal bagaimana adaptasi ayam itu sendiri sebab terkadang ayam yang belum terbiasa dengan pakan ini kemungkinan tidak mau memakannya namun lama-lama ayam tersebut pasti akan terbiasa dan mau tak mau harus memakannya.

No comments:

Post a Comment

Umpan di komputer dan di dunia maya